Categories
Blogging

Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama? Harus Kuat Menjalani dan Adanya Komitmen

Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama?

Kisah mengenai cinta beda agama masih ada di sekitar kita saat ini. Saat dua hati saling mencintai, ada sebuah halangan besar yang menjadi penghalang bagi hubungan tersebut, seperti permasalahan perbedaan beda agama. Menjalani cinta berbeda agama pasti memiliki banyak perbedaan yang banyak. Mulai dari tempat beribadah yang berbeda, waktu beribadah yang berbeda, merayakan hari raya yang berbeda, dan masih banyak yang lainnya yang dilakukan berbeda beda. Tetapi

Dengan menghargai satu sama lain, pasti hubungan kalian akan tetap berjalan harmonis dan baik-baik saja. Contohnya, dengan nggak melarang pasangan beribadah atau bertemu dengan keluarganya saat merayakan hari besar. Kamu malah bisa lebih menghargai keyakinan pasangan kamu dengan mengingatkan dia untuk tidak malas-malasan beribadah, misalnya seperti itu.

Cinta memang tidak ada terms and conditions-nya. Tapi, dengan beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu kamu dan pasangan kamu menemukan jalan terbaik saat menjalani hubungan cinta beda agama supaya tidak saling canggung satu sama lain dan tau ke mana arah hubungan yang pengen kalian jalankan selanjutnya.

Cara Agar Bisa Menghargai Satu Sama Lain Dengan Pasangan Yang Berbeda Agama

  1. Bicarakan Dengan Pasangan (saling terbuka sama lain)
    Jika kalian terus-terusan menunda – nunda atau malah menghindari, maka bicarakan dengan serius dengan satu sama lain tentang hubungan kalian tersebut, maka sama aja kamu dan pasangan kamu itu menunda – nunda tujuan yang mana kamu dan pasangan ingin mencapai pada hubungan serius ini. Karena, cepat atau lambat, pertanyaan-pertanyaan seperti : “mau dibawa ke mana nih hubungan ini?” akan datang pada akhirnya. Tetapi, pintar-pintarlah untuk mencari waktu yang tepat jangan sampai disaat kamu dan pasangan sedang badmood atau bosan, kalian malah memperkeruh keadaan hubungan kalian tersebut, jadi bicarakanlah hubungan kalian dengan tenang dan baik – baik. kemudian ingat, jika kalian terus menunda – nunda pembicaraan maka hubungan kalian nggak akan ke mana-mana.
  2. Saling Menghargai Satu Sama Lain
    Menjalani cinta beda agama pasti memiliki banyak sekali perbedaan. Mulai dari tempat beribadah yang berbeda, waktu beribadah yang berbeda, merayakan hari raya yang berbeda, dan masih banyak yang lainnya. Haruslah menghargai satu sama lain, maka hubungan kalian akan tetap berjalan harmonis dan baik – baik saja. Contohnya, dengan nggak melarang pasangan kalian beribadah atau bertemu dengan keluarganya saat merayakan hari besar tersebut. Kamu malah bisa lebih menghargai keyakinan pasangan kamu tersebut dengan mengingatkan dia untuk tidak malas-malasan beribadah, misalnya seperti itu.
  3. Jangan Mencoba Untuk Mengubah Pasanganmu
    Memiliki keyakinan masing-masing tetapi saling menjalin hubungan bukan berarti kamu memiliki hak untuk mengubah keyakinan mereka ya. Karena jika pasangan kamu memiliki keyakinan yang kuat, sedangkan kamu malah berusaha mengubahnya, maka hal ini bisa memicu masalah – masalah baru di hubungan kalian. Kecuali, misalnya kalau pasangan kalian sudah menunjukkan sinyal – sinyal ingin mengubah keyakinan dirinya dari hati mereka, kemudian menjadi sama dengan diri kalian demi diterima oleh salah satu keluarga.
    tetap pada akhirnya, jika kalian malah mencoba mengubah pasangan kamu dari mulai sikap ataupun perilaku, berarti kamu nggak bisa menerima pasangan kamu seutuhnya.
  4. Jangan Mencoba Menjalani Hubungan Backstreet
    Banyak diajam sekarang ini yang menjalani hubungan beda agama dan pada akhirnya menjalaninya dengan diam – diam atau backstreet. Mungkin, keluarga dari kalian atau pasangan pada awalnya akan sulit menerima jika kalian memang terbuka, tetapi menjalani hubungan dengan backstreet tidak akan menyelesaikan masalah apalagi jikalau suatu saat, salah satu dari keluarga kalian akan mengetahuinya dengan cara yang kurang baik. Cobalah dari awal kalian bercerita dan memahami jalan pikiran orang tua kalian sendiri, mungkin mereka malah akan memberikan saran – saran yang terbaik untuk hubungan kalian tersebut.
  5. Cobalah Menikmati Hubungan Tersebut
    Menjalani hubungan tentang cinta beda agama pasti selalu membuat kalian dan pasangan merasa nggak aman. Tetapi, jauhkanlah perasaan seperti itu. Coba untuk memulai dan menikmati hubungan tersebut. Walaupun akan ada pantangan pastinya yang lebih banyak di depan nanti, tapi yakinlah kalian juga nggak boleh lupa untuk bahagia dan selalu berjuang kemudian berusaha memperbaiki bersama – sama.
    tidak usah banyak dipikirkan masalah yang akan datang dan tetap menjalaninya dengan bahagia!

Ada yang mengatakan bahwa cinta adalah perpanjangan kasih sayang Tuhan untuk semua umat – Nya. Namun justru di saat dua orang saling mencintai, kotak – kotak agama menjadi hal yang membuat dada sesak. Saat kita bicara soal keyakinan, kadang cinta harus mengalah. Namun ada saatnya cinta membawa manusia pada keputusan yang tak mudah.
Banyak kisah cinta beda agama berakhir pahit, ada juga yang berakhir manis dalam bingkai pernikahan.